Wednesday, January 13, 2010

Mengikuti Prosesi Ngaben

sudarma

Apakah ada di antara kalian yang tidak tau dengan bade? Memang kata bade memang terkenal di bali. Bade adalah tempat/wadah yang di gunakan oleh umat Hindu untuk mengiringi/membawa layon ke setra/kuburan.
Hari itu, lupa tanggalnya, sangat beruntung saya bisa mengikuti prosesi ngaben yang dilaksanakan di Ketewel. Bade di arak kira2 sejauh 1-2 KM, dan tentu saja saya gak menunggu di perempatan untuk mendapatkan gambar yang terbagus. Belum dapat gambar, ada bunyi tit...tit... great ternyata baterai kamera habis. Berikut adalah gambar Bade yang sudah ada di setra.
bade-di-kucupin-714143.jpg
Gambar di atas adalah bade yang sangat bagus untuk ukuran saya. Ada kakek yang bersedia saya foto dengan Bade tersebut, hehe.
[bade-front-image-715628.jpg]

Kalau tidak salah, tinggi Bade ini kira2 6-7 meter. Ada bisa bandingkan sendiri dengan orang yang berada di samping Bade.
[proses-pembakaran-mayat-720518.jpg]
Nah ini merupakan prosesi penempatan Layon (mayat) di Lembu. Di sinilah layon tersebut akan di bakar sehingga menjadi abu. Foto inilah yang paling susah saya dapatkan, karena asap yang membuat mata pedih. Sayang sekali saya tidak bisa melihat di saat mayatnya di bakar, karena terik matahari dan waktu pembakaran yang masih terbilang lama, hingga saya memutuskan untuk pulang.

Posting yang berhubungan



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini :)