Wednesday, March 10, 2010

Macet Ngeblog Lantaran Komputer Rusak

sudarma

Apes bener nasib saya belakangan ini, sudah hampir 2 hari komputer tidak mau bertoleransi untuk di ajak mencari rejeki. Tiga hari yang lalu adalah awal dari musibah kecil ini, komputer hidup seperti biasanya selama sepuluh menit, setelah itu mati dan tidak mau hidup lagi.saya coba restart, dan kejadiannya seperti yang pertama. Komputernya mau hidup namun hanya untuk waktu kurang dari sepuluh menit dan dengan sendirinya dia restart lagi. Karena memiliki pengetahuan secuil tentang masalah komputer, tanpa ragu saya comot memorynya, dan beberapa kabel yang terhubung ke hardis saya cabut dan saya pasang lagi. Dan ternyata sekarang malahan tidak mau hidup sama sekali. Memang garis tangan tidak cocok dengan hal yang berbau memperbaiki. Setelah hamir satu jam saya bergutit untuk memperbaiki, akhirnya nyerah juga, dan tanpa di tunda-tunda saya langsung bawa ke tempat service.


Komputer Rusak

Saya langsung bawa ke rimo, langsung menuju ke service komputer yang memang sudah sedikit kenal. Malu juga masih petantang-petenteng membawa PC, padahal semua yang saya lihat pada membawa laptop,hehe tapi gak apa2, kalau malu ya gak bisa maju dong. Komputer di service kurang lebih dua jam, tentu saja saya tungguin disana, sekalian lihat2 apa yang dilakukan oleh si mekanik, sapa tau nanti kalau rusak lagi bisa benerin sendiri. Oke 2 jam akhirnya berlalu juga, terima kasih Tuhan (saya sudah bosan banget nunggunnya), setelah di cek, di hidup dan dimatikan ternyata normal. Nah pas bawa balik ke kos, trus di pasang, oke mau hidup. Berhubung sudah malam, saya cuma memakainya sekitar 1 jaman (capek).

Keesokan harinya pas mau make, setelah sepuluh menit dihidupkan dia hank, kursor gak bisa digerakkan sama sekali. Terpaksa restart lagi, dan hal itu berulang lagi.Karena malas untuk ke rimo lagi, saya browsing tips2 perbaiki komputer hank, pinjam laptop teman bentar. Ternyata banyak sekali hardware yang bisa dijadikan tersangka, hardisk rusak, ramm, sampai motherboard. Saya coba ganti ram atau memorynya, dan ternyata komputernya bisa nyala lagi dengan sempurna, namun tidak lama kemudian mati lagi. Saya coba bongkar kabel2 yang ada, dan coba pasang lagi ( siapa tau ada yang kurang pas pas masangnya) ternyata bisa juga, sampai sekarang dia masih nyala. Kadang2 komputernya juga mati tiba2 setalah lama di hidupkan.

Apakah ada yang punya pengalaman masalah saya?

Posting yang berhubungan



2 komentar:

Nugraha said...

Kemana saja,bro ? Lama nggak pernah main ke tempat saya :) Kalau menurut saya, sebelum menjadikan hardwae "tersangka", coba cek dulu softwarenya, misalnya apa kena virus, atau windows-nya yg rusak? Cobalah di-clean install, dengan bantuan CD ROM bootable. Mudah2an cepat sembuh (kompienya)

Sudarma said...

Nugraha @ gak kemana-mana sob, masih di tempat. tersangkanya memang hardware, hardisk koit. sama Motherboardnya juga sudah hank. sekarang sudah saya ganti, semoga saja tidak ada masalah lagi

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini :)