Tuesday, June 22, 2010

Informasi yang Mungkin Belum anda Ketahui Tentang "Wanita Butuh Tidur Lebih Lama daripada Pria" dan "Vitamin C Bukan Cuma Ada Pada Jeruk"

sudarma

Semua orang ingin sehat, dan untuk membantu kesehatan banyak hal yang mesti kita perhatikan. Misalnya tentang masalah tidur dan masalah makanan. Informasi di bawah ini mungkin belum anda ketahui, jadi selamat membaca.

Wanita Butuh Tidur Lebih Lama daripada Pria


Siapa yang butuh tidur lebih lama, pria atau wanita? Mengapa suami tampak lebih kuat menahan kantuk daripada Anda, meskipun ia harus menyupir semalam suntuk, dan paginya harus langsung ke kantor?Logikanya, pria tentu juga mengalami kelelahan yang sama dengan Anda. Menurut Profesor Jim Horne, direktur Sleep Research Centre di Longborough University, "Pria yang memiliki pekerjaan yang kompleks, dimana ia harus banyak melakukan pengambilan keputusan, juga butuh tidur lebih lama daripada rata-rata pria. Namun, tidak sebanyak yang dibutuhkan wanita."

Wanita, lanjut Horne, cenderung butuh tidur 20 menit lebih lama daripada pria. Meskipun demikian, lamanya waktu tidur berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada gaya hidupnya.


Salah satu fungsi utama tidur adalah memberi waktu bagi otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Selama tidur, korteks (bagian dari otak yang antara lain mengatur pikiran, memori, dan bahasa) melepaskan diri dari panca indera dan memasuki moda pemulihan. Semakin banyak Anda menggunakan otak sepanjang hari, ia semakin membutuhkan pemulihan, dan dengan sendirinya, semakin banyak Anda membutuhkan tidur.

"Wanita kan cenderung untuk ber-multitasking; mereka melakukan banyak hal dalam sekali waktu, dan sangat fleksibel, sehingga menggunakan otak mereka lebih sering daripada pria. Karena itulah, kebutuhan tidur mereka lebih besar," tegas Horne.


Rata-rata orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-8 jam setiap malam. Namun, menurut Horne, orang biasanya akan mengatakan mereka hanya tidur 5 jam tiap malam. "Tetapi kalau Anda menanyai mereka lebih lanjut, ternyata mereka terlelap barang sejam di siang hari, jadi (total) mereka tidur sekitar 6 jam," paparnya.


Penelitian baru ini menjelaskan mengapa otak wanita cenderung lebih lambat menua daripada otak pria. Penyebabnya adalah, otak wanita cenderung mendapat lebih banyak waktu untuk rileks dan memulihkan diri.




Vitamin C Bukan Cuma Ada Pada Jeruk


Anda pasti sudah tahu bahwa vitamin C baik untuk mencegah tubuh kita terserang penyakit influenza ataupun penyakit lain. Mengonsumsi vitamin ini membantu tubuh kita memperbaiki jaringan kulit, dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Selama ini, buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah jeruk. Namun pilihannya ternyata lebih luas. Anda ingin tahu buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda yang sebesar 75 mg?

1. Jambu merah (jambu klutuk, atau jambu biji)
Kudap jambu klutuk bila Anda bosan dengan jeruk. Satu setengah cangkir jambu klutuk mengandung 188 mg vitamin C dan 56 kalori.

2. Paprika merah
Paprika merah yang sering dijadikan penyedap dalam masakan juga punya kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu 142 mg dalam 1,5 cangkir. Jadi kalau Anda memasak 1 cangkir paprika merah dalam menu masakan Anda, akan didapatkan 116 mg vitamin C.

3. Buah kiwi
Satu buah kiwi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 70 mg dan 46 kalori. Bila Anda tidak suka buah kiwi hijau yang rasanya cenderung asam, Anda juga bisa memilih buah kiwi gold (warnanya kuning kecoklatan) yang rasanya manis.

4. Jeruk sunkist
Jeruk sunkist ukuran sedang punya kandungan vitamin C sebesar 70 mg. Jika Anda senang minum jus, 3/4 gelas jus jeruk sunkist mengandung 61-93 mg vitamin C (tergantung kekentalannya).

5. Paprika hijau
Setengah cangkir paprika hijau mengandung 60 mg vitamin C. Tetapi kalau sudah diolah dalam masakan, kadar vitamin C-nya akan berkurang menjadi 51 mg.

6. Anggur
Anggur punya kandungan vitamin C yang hampir sama dengan paprika hijau, yaitu 50-70 mg vitamin C dalam 3/4 cangkir.

7. Jus tomat
Porsi 3/4 gelas jus tomat mengandung 50 mg vitamin C.

8. Strawberry
Selain vitamin C, strawberry kaya akan serat dan antioksidan. Porsi 1/2 cangkir strawberry mengandung 49 mg vitamin C.

9. Melon merah
Satu buah melon merah ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 47 mg.

10. Sawi mini
Sayuran ini memang kurang populer, tapi sangat mudah ditemukan di supermarket. Sayuran ini mengandung 48 mg vitamin C.

Posting yang berhubungan



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini :)